Langsung ke konten utama

KOTA PALANGKARAYA

Hasil gambar untuk kota palangkarayaAssalamu’alaikum teman semua.Di postingan pertama saya kali ini saya akan membahas sedikit tentang kota kelahiran saya yaitu Palangkaraya.Karena saya lahir dan besar di Palangkaraya tentu saya sudah mengetahui banyak hal unik dan menarik yang ada di sana.Langsung saja, berikut adalah tentang daerah, keunikan, dan budaya yang ada di Palangkaraya.



Sejarah singkat tentang Palangkaraya

Menurut Staatsblad van Nederlandisch IndiĂ« tahun 1849, wilayah Dayak Besar termasuk daerah ini bagian dari dalam zuid-ooster-afdeeling berdasarkan BĂŞsluit van den Minister van Staat, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, pada 27 Agustus 1849, No. 8[5] Terbentuknya Provinsi Kalimantan Tengah melalui proses yang cukup panjang sehingga mencapai puncaknya pada tanggal 23 Mei 1957 dan dikuatkan dengan Undang-undang Darurat Nomor 10 tahun 1957, yaitu tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah. Sejak saat itu Provinsi Kalimantan Tengah resmi sebagai daerah otonom, sekaligus sebagai hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah.
Tiang pertama pembangunan Kota Palangka Raya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Soekarno pada tanggal 17 Juli 1957 dengan ditandai peresmian Monumen/Tugu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut yang mempunyai makna:
  • Angka 17 melambangkan hikmah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Tugu Api berarti api tak kunjung padam, semangat kemerdekaan dan membangun.
  • Pilar yang berjumlah 17 berarti senjata untuk berperang.
  • Segi Lima Bentuk Tugu melambangkan Pancasila mengandung makna Ketuhanan Yang Maha Esa.
Kemudian berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 1958 Ibu Kota Provinsi yang dulunya Pahandut berganti nama dengan Palangka Raya.
Budaya dan Ciri Khas
Beberapa budaya yang ada disini, yaitu:
1.Tiwah
Upacara adat keagamaan ini merupakan bagian dari kepercayaan umat Hindu Kaharingan, yaitu agama tertua di Kalimantan. Ritual ini adalah prosesi menghantarkan roh leluhur atau sanak keluarga yang telah meninggal dunia menuju alam baka, dengan cara  menyucikan dan memindahkan sisa-sisa jasad yang berupa tulang belulang dari liang kubur ke tempat yang dinamakan Sandung. Ritual ini juga dilengkapi persembahan hewan yang biasanya berupa kerbau, oleh sebab itu biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ritual ini cukup mahal.
2.Festival Budaya Isen Mulang
Festival seni dan budaya tahunan yang dilaksanakan sebagai wujud apresiasi pemerintah dan masyarakat Kota Palangka raya atas pe-ninggalan adat istiadat leluhur ini diadakan setiap bulan April. Dalam festival ini ditampilkan berbagai perlombaan tradisional seperti tari tradi- sional, Karungut, Malamang, Mangenta, masakan tradisional, melukis ornament Dayak, seni bela diri Lawang Sakepeng serta pemilihan Putra Putri Pariwisata.
3.Kontes Putra Putri Pariwisata
Kontes pemilihan Putra Putri  perwakilan dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya yang memiliki kemampuan lebih di bidang   Pariwisata, yang mencakup pengetahuan tentang Pariwisata di  daerahnya, Bahasa Inggris, public speaking dan kepribadian. Kontestan yang terpilih nantinya akan ikut   berperan aktif mempromosikan pariwisata Kota Palangka Raya ke daerah lain atau bahkan keluar negeri.
Kuliner khas yang patut untuk dicoba jika Anda datang ke Kota Palangkaraya adalah Juhu singkah. Juhu singkah atau sayur rotan merupakan makanan khas dari Suku Dayak yang terbuat dari umbut rotan dan dihidangkan dengan ikan betok. Umbut rotan yang merupakan bahan dasar masakan ini bisa didapatkan di kawasan hutan. Selain juhu singkah, Kota Palangkaraya juga menawarkan berbagai macam hidangan ikan air tawar atau sungai, diantaranya adalah tanak lauk, panggang lauk, saluang goreng, dll. Bagi Anda yang ingin membawa buah tangan bagi keluarga di rumah, di Kota Palangkaraya juga terdapat beberapa oleh-oleh makanan khas Kota Palangkaraya, diantaranya abon ikan, saluang goreng, amplang ikan pipih dan lempok dahuyan
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/palangkaraya/panduan-wisata-palangkaraya.html
Ciri Khas Palangkaraya
Jembatan Kahayan merupakan landmark (icon) Kota Palangkaraya, Propinsi Kalimantan Tengah. Palangkaraya sendiri merupakan kota terluas di Indonesia dengan luas sekitar 2.678 km persegi. Jembatan Kahayan membelah Sungai Kahayan dan menghubungkan Kota Palangkaraya dengan 4 kabupaten : Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Jaya. Walaupun peresmian jembatan dilakukan pada tanggal 13 Januari 2002 oleh Presiden Megawati Soekarnoputri saat itu, namun pembangunan Jembatan Kahayan dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001.
Jembatan sepanjang 640 m dan lebar 9 meter ini memiliki bentang busur berwarna merah sepanjang 150 m dan tinggi 36 m yang berada tepat di atas jalur pelayaran Sungai Kahayan. Selain sebagai jalur transportasi, jembatan ini juga banyak dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat hang-out di pinggir jembatan sambil melihat aktifitas di Sungai Kahayan seperti: hilir mudik nelayan yang mencari ikan, para atlet dayung berlatih di bawah jembatan ataupun hanya sekedar menikmati pemandangan Sungai Kahayan dari atas jembatan. Banyak juga pedagang yang mangkal dan menjajakan dagangannya di atas jembatan ini.
Sekian teman teman semua, itu saja beberapa budaya dan hal unik yang dapat saya tuliskan.Jika ada masukan dan saran silahkan berkomentar dibawah.
Salam Ela Mikeh !

Komentar

  1. Bagaimana Festival Budaya Isen Mulang mempertahankan dan mempromosikan warisan adat dan seni di Kota Palangkaraya?
    Regard Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI

Assalamualaikum teman teman.Kali ini saya akan membahas sedikit perkembangan tentang teknologi yang ada di UMM.      Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, teknologi pun terus mengalami kemajuan.semua orang tidak dapat lepas dari teknologi, sedikit sedikit menggunakan teknologi, apa apa menggunakan teknologi. Oleh karena itu Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan program PATI atau Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi bagi mahasiswa baru. Pada program PATI kita diajarkan bagaimana cara mengoperasikan internet, bagaimana caranya menggunakan internet dengan baik, bagaimana caranya membuat blog, dan lain sebagainya. Program ini dibuat agar mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang tidak ketinggalan akan kemajuan teknologi yang berkembang pesat, dan juga agar dapat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dapat bersaing di dunia global. Karena Universitas Muhammadiyah Malang menyiapkan generasi generasi yang sanggup bersaing di kemudian hari.    Karena

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

  Assalamu’alaikum teman semua.Kali ini saya ingin memposting tentang Kampus UMM.Mulai dari sejarah, perkembangan, dan alasan saya memilih berkuliah di UMM, berikut akan saya jelaskan. Sekilas tentang Kampus UMM Universitas Muhammadiyah Malang  ( UMM ) adalah  perguruan tinggi swasta  terakreditasi “ A “yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246  Kota Malang ,  Jawa Timur .  Universitas  yang berdiri pada tahun  1964  ini berinduk pada organisasi  Muhammadiyah  dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur.  UMM  termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Oleh karena didominasi warna dinding putih,  UMM  sering disebut sebagai  kampus putih. Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang ( UMM ) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di Jalan Bandung 1, kampus II di Jalan Bendungan Sutami 188 A dan kampus III di Jalan Raya Tlogomas 246. Kampus satu yang merupakan cikal bakal  UMM , dan sek

ALASAN MEMILIH JURUSAN AKUNTANSI DI UMM

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar QS:Al-baqarah,282 Berdasarkan ayat itulah saya lebih mantap dan yakin untuk mengambil jurusan akuntansi di UMM, karna di kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dengan namanya berniaga. Tidak hanya faktor tersebut essensial yang di tunjang oleh akuntansi sangat dibutuh kan dimana-mana tidak perduli platform apapun dan manapun karena walaupun platform tersebut termasuk platform yang besar jika keuangan platform tersebut tidak seimbang maka akan terjadi nya kerugian yang sangat besar dan menghambat tujuan tersebut. Secara fleksibilitas akuntansi juga termasuk pekerjaan yang tidak membutu kan waktu yang terlalu larut sehingga untuk mengurus kebutuhan kehidupan lainya masi mampu, dengan begitu akan terciptalah kehidupan antara karir dan sosial yang seimbang. Sekian dari saya jika saya